Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari. Masalah komunikasi ini adalah sangat penting terhadap kebutuhan manusia. Rasanya tidak mungkin seseorang hidup sempurna tanpa berkomunikasi dengan orang lain. Demikian pula halnya pada sebuah organisasi bisnis, komunikasi merupakan sumber kehidupannya. Komunikasi tidak dapat dilepaskan dari kegiatan bisnis perusahaan. Sebagian besar kegiatan kerja organisasi adalah komunikasi, baik tertulis maupun lisan. Misalnya menulis memo atau surat, instruksi kerja, rapat, menulis laporan bisnis, dan presentasi bisnis. Komunikasi dapat dilakukan dengan pihak eksternal maupun internal.
Profesi akuntan adalah semua bidang pekerjaan yang mempergunakan keahlian di bidang akuntansi. Seorang akuntan mempergunakan keahliannya di bidang akuntansi. Akuntansi sendiri merupakan suatu seni pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu yang dinyatakan dalam uang, transaksi, dan peristiwa yang terjadi pada sebuah perusahaan
Profesi akuntan sangat berperan penting dalam dunia bisnis, oleh karena itu lah seorang akuntan harus pandai untuk dapat melaksanakan peran nya sebagai seorang akuntan di dalam suatu perusahaan maupun di luar perusahaan. Seorang akuntan harus dapat berkomunikasi dengan baik oleh seluruh lapisan bagian di dalam perusahaan atau pun organisasi. Karena keberhasilan komunikasi dalam suatu organisasi bisnis merupakan aset penting bagi tercapainya sasaran atau tujuan dalam organisasi atau perusahaan tersebut.
Akuntansi bertujuan untuk memberikan informasi keuangan yang terutama digunakan oleh pimpinan perusahaan, pemilik perusahaan, investor, kreidur dan calon kreditur, otoritas pajak, pemerintah, pelanggan atau mitra dan rekanan serta pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di antara dan di dalam perusahaan, organisasi, dan pelayanan publik. Maka tidak salah jika akuntansi juga disebut sebagai “bahasa bisnis” karena merupakan suatu alat / perantara untuk menyampaikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang melakukan kegiatan bisnis.
Keberhasilan bisnis terletak pada komunikasi yang efektif. Semakin efektif komunikasi semakin baik hasilnya,. Sistem yang baik dan efisien komunikasi membantu dalam koordinasi yang lebih baik dan kontrol yang efisien. Oleh karena itu, agar efektif maka informasi akuntansi yang dibuat akuntan harus mudah dipahami, masuk akal, dan disajikan sesuai peraturan. Selain itu, seorang akuntan harus memenuhi kode etik akuntan dan harus mematuhi standar dan tata nilai yang berlaku dilingkungan profesi akuntan, sehingga dapat menghasilkan informasi yang tepat, yang berguna bagi pemakai informasi keuangan dalam pengambilan keputusan serta dapat diandalkan kepercayaannya oleh klien atau pemakai informasi akuntansi terhadap pekerjaan yang diberikan.
SUMBER: http://manfaatbelajarkombis.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar